Saturday, July 23, 2011

Menjadi Orang Tua Yang Sehat

Beberapa minggu lalu, di Dr. Oz Show (yes, i LOVE him. think we should have more doctors like him around. seriously) ada sepasang suami istri yang punya masalah dengan pola hidup dan berat badan mereka. Sejak menikah dan punya anak, mereka mulai makan secara tidak sehat dan lalai berolahraga apalagi memeriksakan kondisi kesehatan mereka sampai suatu hari si suami merasakan sakit di dada sampai dia jatuh di depan dua anak perempuan mereka yang masih kecil-kecil. It was the wake-up call. Pemeriksaan kemudian menunjukkan betapa tidak sehatnya mereka, bahkan tubuh si istri 45%-nya adalah lemak dan suami bermasalah dengan kolesterol. Saat itu umur mereka adalah 34 dan 42 tahun.

Si istri mengatakan bahwa rasa tidak nyaman dan sakit di tubuh mereka sudah seringkali datang, dan mereka tau pasti itu karena pola hidup mereka yang tidak sehat setelah menikah. Tapi mereka enggan memeriksakan diri karena tau hasil lab akan menunjukkan banyak hal yang salah dengan tubuh mereka dan membeberkan kelumpuhan atau kematian bisa datang tiba-tiba karena kondisi itu. Mereka takut untuk mendengar kebenaran tentang itu. Dr.Oz bilang, "Rasa sakit di dada Anda saat itu seperti dering telepon. Bisa Anda abaikan, tapi dia akan terus berbunyi sampai terlambat untuk menjawabnya. Sakit itu muncul dan hilang, tapi saat dia tidak terasa bukan berarti dia tidak ada. Lalu kenapa Anda ada disini?"

Jawaban sang ayah sangat mengena. Dia bilang, "Saya mau sehat. Saya mau terus hidup untuk melihat dua anak perempuan saya lulus sekolah, diwisuda, menikah..." Jreng jreeeeng. Ya, saat seseorang jadi orang tua, dia hidup bukan hanya untuk dirinya sendiri. Dia harus sehat supaya bisa melakukan tugasnya sebagai orang tua dan melihat anak-anaknya tumbuh sehat dan sejahtera. Kesehatan kita sebagai orang tua sama pentingnya dengan kesehatan anak-anak. All in all, kesehatan keluarga selalu yang paling penting. Sehat itu nikmatnya luar biasa lah pokoknya.

Dr. Oz Show hari itu juga jadi wake-up call buat saya. Sudah lama saya sadar bahwa kami (saya dan suami) harus hidup lebih sehat dan teratur memeriksakan kesehatan kami. Selama ini, sejak menikah dan punya anak, sakit saya "cuma" flu, gangguan pencernaan, sakit gigi... tapi dengan pola hidup yang terbilang lumayan parah (banyak kopi, makan "junk food", kurang buah dan sayuran, tidak ada olahraga) saya harusnya tau setidaknya ada yang salah dengan badan ini. Kurang berusaha untuk memperbaiki diet, malas olahraga, dan takut untuk check-up adalah tiga hal yang HARUS saya perangi. Dengan rencana untuk punya bayi lagi tahun depan, setidaknya saya harus berani periksa untuk tau saya sehat dan siap untuk hamil lagi.

Seharusnya, setiap kali saya lihat Esha, saya tau kenapa kesehatan ayah dan ibunya harus dijaga. Bukan hanya untuk kebaikan kami.

0 comments:

Halaman-halaman Lain...

 

Blog Template by YummyLolly.com - RSS icons by ComingUpForAir