Sunday, July 24, 2011

Perawatan di rumah saat anak cacar air

Dear Moms,
Mudah-mudahan pengalaman yang saya share ini lumayan bisa membantu dan menenangkan bila si kecil (mudah-mudahan jangan sampe) terkena cacar air. Tidak perlu panik dan kuatir, ini penyakit yang umum untuk anak-anak dan termasuk self-limiting disease, yang artinya dia akan sembuh sendiri dengan bantuan antibodi si anak karena virus tidak bisa dikalahkan dengan obat. Tapi, bukan berarti cacar penyakit ringan, karena ciri khas infeksi virus adalah demam, lemas, nyeri otot, dan gangguan saluran nafas. Gangguan-gangguan ini yang membutuhkan perhatian yang, bila tidak ditangani dengan tepat, bisa menimbulkan komplikasi.

Pada cacar air, demam dan nyeri otot bisa hadir atau tidak. Jika iya, berikan paracetamol untuk meredakannya dan membantu anak istirahat lebih nyaman. Saat bintil berairnya mulai muncul, sebaiknya periksakan ke dokter untuk memastikan itu memang cacar. Sebisa mungkin, saat di ruang tunggu dokter, jauhkan ia dari anak-anak lain untuk mencegah penularan karena virus cacar mudah berpindah lewat nafas dan udara (airborne). Dokter kemudian akan memeriksa apakah ada radang atau penyakit lain yang muncul setelah dipicu virus campak, jika ada akan diresepkan obat untuk itu. Jika tidak ada, biasanya akan diresepkan obat racikan antiviral dan obat oles. Yang harus diingat, obat-obat ini tidak untuk menyembuhkan tapi hanya mengurangi aktivitas virus. Tanyakan juga apa bedak yang aman untuk mengurangi gatalnya (ada dokter yang mungkin menyarankan minum antihistamin, tapi kasian kalo terlalu banyak minum obat ;p), untuk Esha saya pakai bedak salicyl menthol ada juga yang pakai caladine dan lotion calamine.

Setelah sampai di rumah, pastikan si kecil menempati kamar sendiri, jangan dekat-dekat anggota keluarga yang belum pernah terkena cacar terutama kalau ada bayi atau ibu hamil. Masa menular ini berlangsung sejak bintil pertama muncul sampai semuanya mengering dan rontok. Selama itu si kecil sebaiknya 'diisolasi'. Pisahkan peralatan makan dan mandinya. Ganti seprai setiap hari, atau untuk praktisnya gunakan alas (flanel atau jarit) yang lebih mudah diganti dan dicuci.

Kebersihan harus selalu dijaga. Orang-orang jaman dulu bilang anak cacar tidak boleh dimandikan, padahal kulit harus selalu bersih dan kering. Saat bintil pecah dan serum kena kulit yang bersih, itu akan jadi bintil baru. Jadi pastikan si kecil mandi dengan cairan antiseptik (dettol atau PK), keringkan lembut dengan menepuk-nepukkan anduk, lalu kenakan pakaian yang longgar supaya tidak banyak gesekan. Kamar sebaiknya berventilasi baik dan tidak pengap atau gerah untuk mencegah si kecil berkeringat yang bisa membuat kulitnya makin gatal.

Jangan sampai si kecil menggaruk-garuk bintilnya karena bisa menyebabkan infeksi dan bekas yang dalam. Pastikan tangannya bersih dan kukunya pendek. Rajin-rajin ingatkan dia untuk tidak menggaruk atau mengelupas bekas lukanya, bantu dia mengusap-usap daerah yang gatal di punggung dan tempat-tempat yang tidak bisa dia lihat karena kemungkinan akan dia garuk lebih keras.

Yang paling penting, pastikan si kecil mendapat asupan gizi yang cukup untuk membantunya meningkatkan daya tahan tubuh untuk melawan si virus jahat. Beri buah-buahan yang banyak mengandung vitamin C, atau bisa juga dalam bentuk plasebo (pengganti) seperti suplemen. Sekarang juga sudah banyak pengobatan homeopathic atau pengobatan tradisional yang bisa dibuat di rumah. Kebanyakan mengandung herbal. Ada yang menyarankan jintan hitam, atau berendam di air dingin yang dicampur jahe atau oatmeal untuk mengurangi gatal. Untuk menghilangkan bekas-bekas cacar, katanya parutan jagung muda cukup efektif.

Semoga bermanfaat ya, moms. Ingat untuk tetap tenang dan kuat. Semangati dan bacakan doa untuk si kecil supaya dia cepat sembuh :)

2 comments:

Dimas Rangga W said...

Hmm, nice info.. anak saya masih 7 bulan, tp artikel ini bagus bgt buat ilmu saya kl nanti suatu saat anak saya kena cacar jg..

Btw, pertama kali neh mampir ke sini. First impression: nice layout!! Dan artikelnya bener2 tulisan si empunya blog.. kl saya kebanyakan copas aj dr situs, paling2 masukin foto anak.. hehehee..

Kl sempet mampir yah ke blog keluarga saya ^^
http://beautifulmalika.wordpress.com/

Trims.

ali 4Life said...

Informasi yang bagus,
semoga bisa bermanfaat bagi kita semua yang membaca

Solusi Penyakit akibat Virus|Kuman|Jamur|Parasit Dll

Halaman-halaman Lain...

 

Blog Template by YummyLolly.com - RSS icons by ComingUpForAir