Monday, February 9, 2009

what's on the menu?

jaman dulu katanya bayi dikasih nasi campur pisang untuk makan sehari-hari supaya berat badannya cepet naik. sekarang masih ada gak ya ibu-ibu yang kasih menu itu untuk anaknya? atau, ada gak ya bayi yang masih mau makan campuran itu? peraturan konservatif yang mungkin masih berlaku di banyak keluarga indonesia adalah; kalau belum makan nasi, berarti belum makan. padahal, sekarang, sudah ada banyak sekali pengganti nasi yang sama kandungan gizinya. tapi... buat beberapa orang mungkin susah mengganti kebiasaan itu.

buat Esha, agak sulit menentukan apa yang dia suka. karena makan sudah bukan lagi sekedar kewajiban buat dia, tapi sesuatu yang harus tampil sesuai suasana hatinya. kadang-kadang dia cuma mau bubur bayi instan, lain hari mau nasi dan lauk-pauknya, besoknya cuma mau roti. buat saya, bukan masalah dia makan apa, selama gizinya mencukupi (kembali lagi ke soal jadi orangtua yang tricky). tapi kadang-kadang neneknya beda pendapat. buat beliau, nasi adalah menu wajib. buat saya, lebih baik Esha makan bubur bayi instan daripada cuma nasi dengan kuah sop - misalnya. mealtime jadi menegangkan saat perbedaan pendapat itu muncul.

di awal perkenalan Esha dengan nasi, apapun campurannya bukan masalah (menu favorit dia adalah nasi lembek dan sop sayuran diblender). sekarang dia malas makan nasi yang nyemek-nyemek gitu. maunya yang pasti; nasi atau bubur sekalian. tapi saya harus coba lagi, karena kadang-kadang dia tanpa sadar kangen makanan lama, dan waktu dikasih lagi, makannya lahap.

sampai sekarang, giginya yang jelas tumbuh baru lima. memang agak lambat untuk usianya. jadi pilihan makanannya masih terbatas. mungkin nanti kalau giginya sudah lebih banyak, saya bisa buatkan variasi menu yang lebih luas buat dia. sebenernya dia mau makan apa aja, tapi cepet bosen sama rasanya. baru lima suap, berenti. yang akhir-akhir ini dia biasanya mau makan sampai habis tuh bubur ayam dan cerelac ayam.


untuk moms yang juga setia sama cerelac, ada resep-resep praktis dan menarik di:
menu ibu cemerlang

selamat mencoba! :)

0 comments:

Halaman-halaman Lain...

 

Blog Template by YummyLolly.com - RSS icons by ComingUpForAir