Wednesday, March 11, 2009

Esha dan musik

sama seperti ibu-ibu hamil lainnya, dulu waktu Esha masih di perut, saya juga 'merangsang' dia dengan bunyi-bunyian dan suara. salah satunya dengan musik. kebetulan selama 7 bulan kehamilan saya masih jadi guru untuk kelas-kelas toddler dan salah satunya kelas musik. disitu bayi mulai dari umur 6 bulan berkenalan dengan hampir semua jenis musik; dari jazz, classic, sampai rock 'n roll dan reggae. mendalami ritme, menyesuaikan gerak tubuh dengan beat, mendramatisasi lagu... nah, Esha paling sering bereaksi setiap saya mengajar kelas musik. apalagi setiap anak-anak mulai teriak-teriak dan main alat musik. saya bisa merasakan betapa dia bersemangat di dalam perut. bikin saya kegelian. di rumah, saya suka ajak dia dengar lagu-lagu klasik (saya juga butuh untuk relaksasi sesudah seharian kerja dan kelelahan di jalan) dan dia menikmatinya dengan bergelung di sisi kiri.

sekarang, di umurnya yang hampir 15 bulan, Esha masih suka musik. dia suka yang upbeat, sama seperti anak-anak lainnya. bisa bikin dia joget-joget dan berhenti berlarian buat sesaat. kalau dengar musik untuk senam aerobic, dua lengannya digerak-gerakkan seperti orang peregangan. saya juga sering nyanyi-nyanyi di rumah. lagunya disesuaikan dengan kegiatan yang kami lakukan. akhir-akhir ini dia suka tepuk tangan selesai saya nyanyi, dan dia juga suka bilang, "tik tik" kalau sedang hujan (maksudnya "tik tik tik bunyi hujan di atas genting...")

untuk saya, musik penting untuk penyeimbang otak kanan dan kiri. penyeimbang antara kemampuan akademik dan artistik - kreatif. terapi musik juga baik untuk kesehatan fisik dan psikis. di sekolah tempat saya mengajar dulu, orang tua kebanyakan memilih kelas musik untuk 'menenangkan' anak-anak yang terlalu aktif atau merangsang anak-anak yang pemalu untuk bersosialisasi dengan awal yang lebih lunak. saya beruntung dibesarkan di lingkungan yang suka musik. mudah-mudahan saya juga bisa terus bernyanyi dan memutar lagu bareng Esha sampai nanti-nanti :)

0 comments:

Halaman-halaman Lain...

 

Blog Template by YummyLolly.com - RSS icons by ComingUpForAir